Saturday, May 29, 2010

Makna Warna dalam Taman


Siapa yang tidak tergoda dengan sebuah taman bunga yang penuh dengan warna? Bunga-bunga bermekaran juga keharuman alami yang khas menjadi penyegar suasana dan jiwa bagi siapa saja yang memandangnya. Bahkan keserasian dan kekontrasan yang ada terhadap dominasi warna hijaunya daun mampu memberikan kesan yang berbeda.

Efek warna ternyata juga bermanfaat dalam mempengaruhi kondisi spiritual seseorang sehingga dapat mempengaruhi emosi hingga kesehatannya. Dari melihat sebuah bunga dengan warna tertentu, spektrum warna yang diterima otak dikirimkan ke sistem syaraf yang akan menghasilkan sebuah kesan tertentu terhadap pikiran dan jiwa manusia. Sudah banyak penelitian ilmiah yang menyebutkan kekuatan pikiran seseorang dapat mempengaruhi kerja semua sistem saraf dan tubuh seseorang.

Di dalam sebuah buku, Colors for Your Every Moods (Leatrice Eiseman, 1998), menyebutkan banyak dampak positif dari kesan warna terhadap manusia dan ruang hidupnya, diantaranya adalah: memberikan keseimbangan dan keharmonisan di dalam kehidupan; memberikan energi positif kepada kesan sebuah ruang; berguna memberikan suatu rasa tertentu dalam sebuah dekorasi; memberikan rasa rileks dan motivasi sehingga membantu proses penyembuhan; memberikan ciri khas dari suatu tempat atau cerminan diri dari seseorang dan lain sebagainya. Sejauh apa dampak warna tersebut pada seseorang juga tergantung dari sikap mental dan cara berfikirnya, serta pengalaman yang telah dialaminya.

Penerapan Kombinasi Warna Bunga pada Taman

Umumnya kehadiran sebuah tanaman akan memberikan warna-warna tertentu baik pada daun, batang, dan bunga. Warna merah, pink, biru (kebiruan), ungu, kuning, orange, hingga putih merupakan warna yang umumnya didapati pada bunga. Kehadiran warna tersebut jika dikombinasikan dengan warna hijau yang menjadi latarnya akan memberikan kesan yang berbeda.

Bunga Merah

Lebar spektrum warna merah pada berbagai macam bunga cukup panjang, mulai dari merah, merah bata, merah darah hingga merah tua.Warna merah pada umumnya melambangkan kecantikan, kedinamisan, kontras, provokatif, semangat hingga melambangkan sebuah gairah dan cinta. Kombinasi warna merah dan hijau akan memberikan kesan kontras yang kuat, juga cinta dan passion.

Kadangkala kehadiran warna merah di sebuah taman juga harus diperhatikan jumlah bunga dan luas lahan yang ada, jika terlalu dominan akan memberikan kesan lain, seperti bagaikan di tengah-tengah ruangan penuh darah atah bahkan suram. Tetapi jika dibuat dalam satuan bunga, memandakan sebuah cinta kasih.

Bunga Pink

Warna ini agak mirip dengan warna merah, tetapi lebih muda, segar serta hangat. Selain itu, warna pink itu sendiri dapat membantu seseorang merasakan lebih fenimim dan romantis. Dengan warna ini, seseorang dapat dibantu untuk mencapai keseimbangan emosional serta menjadi lebih sensitif.

Kesan yang lebih kuat juga akan tercipta dari campuran warna pink muda dengan pink yang lebih tua (magenta). Jika bunga warna pink dan merah dikombinasikan, akan lebih menarik perhatian dan nyaman dipandang oleh mata. Efek warna akan dirasakan lebih segar dan menarik jika dikombinasikan dengan warna ungu.

Kombinasi lainnya yang juga cukup diminati adalah kombinasi bunga warna pink dan putih. Kesan nyaman, tenang tetapi cerah dapat dirasakan dengan kombinasi ini.

Bunga Biru

Walaupun tergolong agak jarang, bunga warna biru tetap dapat menjadi pilihan. Kehadiran warna biru pada bunga relatif lebih panjang dari spektrum warna yang hadir. Mulai dari warna biru cerah, biru tua agak keunguan, hingga biru muda agak ungu muda.

Warna biru melambangkan kedamaian, kejernihan hati serta rasa solidaritas. Kombinasi bunga warna biru, putih dengan hijaunnya daun dapat membantu mencapai ketenangan. Bunga warna biru akan lebih cerah disaat siang hari, dan akan berkesan lebih misterius pada sore hari. Warna lain yang biasa menjadi kombinasi warna biru ini adalah kuning, merah tua, dan pink.

Bunga Ungu

Merupakan sebuah warna campuran dari warna merah dan biru yang mempunyai makna untuk memberikan keseimbangan dengan kesan dominant di dalam taman. Ada pula yang beranggapan bunga warna ungu mengandung kesan mistis tersendiri.

Para terapis warna mempercayai bahwa warna ungu dapat membantu proses meditasi atau rileksasi untuk perbaikan kondisi kesehatan bagi yang mengalami penyakit batuk hingga tekanan darah tinggi. Bahkan banyak para terapis menggunakan warna ungu ini untuk terapi penyakit insomnia.

Bunga ungu ada yang mekar cukup lama, ada juga yang hanya dalam waktu singkat, seperti bunga Water Lily. Bunga ungu yang mempunyai kombinasi warna putih dipinggirnya atau diluarnya dapat memberikan kesan anggun dan menenangkan.

Bunga Kuning

Warna kuning pada umumnya berkaitan erat dengan matahari, sesuatu yang memberikan atau menstimulasi suatu energi baru dan menjadi lebih percaya diri. Melambangkan satu babak kehidupan baru dan merangsang kreatifitas seseorang.

Warna yang dominant ini haruslah diperhatikan dengan baik jumlah dan peletakannya agar tidak mengalahkan kesan warna lainnya. Warna merah memberikan kekuatan pada warna kuning, selain itu juga pada gabungan warna orange dan pink, menjadikan suasana menjadi lebih hidup, bersemangat dan hangat. Tetapi, jika pada saat tertentu, bunga warna kuning juga dapat mendorong kecemasan bagi yang melihatnya, hal ini tergantung dari persepsi dan kondisi seseorang.

Bunga Orange

Warna orange di alam cukup banyak diidentikan pada warna pada saat matahari terbenam di sore hari. Perpaduan antar warna merah dan kuning ini lebih memberikan kesan kekuatan dan kehangatan. Dapat meningkatkan daya tahan vitalitas dan kesan ceria pada jenis warna bunga orange muda cerah. Bunga warna orange dapat harmonis dan saling melengkapi dengan bunga yang berwarna kuning.



Bunga Putih

Warna putih akan memberikan kesan bersih, sempurna, ringkas dan innocence. Kombinasi dengan hijau akan memberikan kesan santai dan cerah. Biasa diaplikasikan sebagai tanaman semak pagar (Bunga melati dan Kaca Piring). Kombinasi putih dan merah akan memberikan kombinasi yang cukup unik dan klasik karena warna merah tersebut tidak terlihat dominant bahkan saling membantu dalam kedinamisan taman.


Jenis Bunga

Berikut beberapa jenis tanaman bunga yang umumnya ada di taman:

Tanaman Bunga Warna Merah
· Mawar (Rose sp.),
· Ekor Kucing (Acalypha hipsida),
· Adenium (Adenium obesum ’Delano’, ’Apsara’, ’Crimpson star’, ’Miss Thailand’, dan jenis berbunga merah lainnya);
· Red Ginger/Honje Merah (Alpinia purpurata),
· Anthurium Bunga Merah (Anthurium scherzerianum hyb.),
· Air Mata Pengantin (Antigonon leptopus ’Red’),
· Pohon Galinggem (Bixa orellana),
· Kaliandra (Calliandra emerginata)
· Bunga Sikat Botol (Callistemon citrinus)

Tanaman Bunga Warna Pink
· Pink Ginger (Alpinia purpurata ’Rosea’),
· Tapak Dara (Catharanthus rosseus ‘pink’)
· Bunga Laba-laba (Cleome spinossa pink)

Tanaman Bunga Warna Biru – Ungu
· Lili Ungu (Agapanthus orientalis),
· Alamanda Ungu (Allamanda violacea),
· Angelonia (Angelonia salicariaefolia ’Purple Passion’),
· Melati Ungu Putih (Brunfelsia calyana)
· Bougenville Ungu (Bougenvillea sp.)
· Browalia (Browalia Americana)

Tanaman Bunga Warna Kuning
· Bunga Abutilon (Abutilon x hybridum ’Golden Fleece’);
· Pohon Akasia (Acacia longifolia),
· Alamanda (Alamanda cathartica),
· Kacang Hias (Arachis pintoi),
· Kecubung Kuning (Brugmansia versicolor)
· Kanna Kuning (Canna generalis ‘Convettii’)
· Krisan Kuning (Chrysantemum morifolium)
· Kenikir Hias Kuning (Cosmos sulphureus)

Tanaman Bunga Warna Orange
· Kembang Merak (Caesalpinia pulcherima)
· Kanna Orange (Canna generalis ‘Striata’)
· Seruni Orange (Chrysanthemum sp “Bornholm’)
· Jati Mas (Cordia subcordata)

Tanaman Bunga Warna Putih
· Adenium obesum (’Perfumes Snow’)
· Anthurium Bunga Putih (Anthurium hyb. ’White’),
· Air Mata Pengantin Putih (Antigonon leptopus ’Alba’),
· Camelia (Camelia japonica)
· Bunga Laba-laba (Cleome spinossa putih)

Aneka Macam Warna Daun Tanaman

Umumnya warna pada bunga relatif singkat dapat dinikmati. Untuk waktu yang lebih lama dapat memanfaatkan aneka warna pada daun. Warna merah dapat dinikmati pada daun Aglaonema hybrid dan Alocasia sp. Lalu kombinasi warna merah kekuningan terdapat pada jenis tertentu Puring, ungu pada daun Begonia sp. hingga kombinasi warna putih/kuning dan hijau pada jenis tanaman variegata.

Kombinasi bentuk dan ukuran daun juga beraneka ragam dan tidak kalah cantik dengan warna daunnya. Yang perlu diperhatikan adalah kecocokan penentuan jenis tanaman dengan lokasi penanamannya hingga menjadikan tanaman tersebut tumbuh dengan subur.

Semarak Warna Sepanjang Tahun

Umumnya tanaman berbunga pada musim panas, dimana banyak terdapat sinar matahari dan kelembaban tertentu. Untuk beberapa tanaman, kondisi dengan stress air juga sangat menentukan terbentuknya bunga.

Lalu bagaimana menciptakan warna sepanjang tahun?

Pertama lihatlah kondisi iklim seperti apa lingkungan kita hidup. Ada daerah yang dapat tumbuh dan berbunga sepanjang tahun, contohnya adalah dataran tinggi yang dingin tetapi cukup matahari, seperti daerah Puncak Jawa Barat, Cipanas, Subang hingga daerah-daerah lainnya yang sejenis. Pilihlah tanaman bunga yang sesuai dan banyak tumbuh di sekitar kita.

Lalu, pilihlah tanaman yang mudah berbunga dan tahan lama. Ada beberapa jenis tanaman yang cukup rajin berbunga, yaitu jenis Bougenville, Melati, Kenanga, Akasia, Adenium, dan lainnya. Pilihlah tanaman sesuai dengan lingkungan hidupnya.

Faktor pemupukan juga dapat berperan. Stimulasi keluarnya bunga dengan pemberian pupuk bunga, atau pupuk yang unsur P dan K nya cukup tinggi. Lihat dosis dan aturan pemberian pupuk sesuai dengan aturan yang ada pada kemasannya.

Dan jika daerah tempat tinggal kita tergolong yang susah untuk tanaman berbunga, atur dan kombinasikan jenis tanaman dalam taman dengan tanaman berdaun yang mempunyai bentuk dan warna yang indah. Tanaman variegata dapat menggantikan kecantikan bunga putih dan kuning. Lalu aneka tanaman Puring dapat menjadi pilihan untuk menghadirkan warna kuning, merah dan orange, serta tanaman Allocasia dapat mempercantik halaman dengan pesona merah dan pinknya.

Walaupun sering kali orang melihat manfaat bunga pada taman hanya dari kehadirannya saja, ternyata dengan mendalami dan memahami arti warna yang ada dapat memberikan manfaat yang sangat besar dan menunjang bagi kesehatan mental orang yang menikmatinya. Dampak yang dirasakan juga akan berbeda tiap orangnya tergantung dari emosi dan mental seseorang. Dengan penjabaran ini, semoga membantu mengartikan dan memahami manfaatnya.

Selamat Berkebun.

No comments: