Thursday, February 10, 2011

Potensi Penyembuhan dari Elemen Air di dalam Taman

Unsur air kerap kali ditemukan dalam taman baik pada taman yang berukuran kecil maupun besar. Bentuknya pun bermacam-macam, ada yang berupa kolam, air terjun, air mancur, dinding air, hingga menyerupai kali kecil.

Kadang kala, sudut rumah tertentu menjadi tempat pelarian kita dari segala permasalahan dan aktifitas yang melelahkan. Diperlukannya sebuah tempat yang memberikan kita rasa nyaman, rileks dan tenang, menjadikan tubuh kita kembali segar untuk kembali beraktifitas.

Dari banyak pengalaman beberapa teman, sebuah taman rumah atau ruang teras yang ada unsur airnya menjadi pilihan utama. Keberadaan air tersebut ternyata dapat memberikan rasa nyaman dan sejuk bagi siapa saja yang ada di dekatnya. Apalagi jika kita dapat membuat suara gemericik air yang seirama dengan angin yang berhembus ringan di sore atau pagi hari.

Air sebagai Unsur yang Penting dalam Taman Penyembuhan

Dengan banyaknya manfaat yang di dapat dari keberadaan air dalam taman, banyak pihak yang mulai memanfaatkannya pada sebuah ruang luar dengan tema khusus. Lihat saja mengapa tempat spa ternama menyediakan tempat untuk rileksasi berada di dekat air terjun, lalu mengapa mulai banyak ornamen-ornamen interior yang terdiri air banyak didapati di toko-toko.

Semua hal tersebut dikarenakan air mempunyai efek yang menenangkan dan menjadikan pikiran menjadi lebih jernih. Efek tersebut didapat baik sebagai kolam kecil atau air yang bergerak (air mancur, air terjun dan sebagainya). Selain itu, air akan membawa pengaruh terhadap tubuh manusia sebagai berikut:
1. Dapat menstimulasi perasaan diri
2. Menggembirakan dan membersihkan pikiran dari kecemasan dan pikiran buruk
3. Mengurangi tingkat depresi dan menenangkan emosi diri.
4. Memberikan keseimbangan antara emosi, rasa senang dan duka di dalam diri seseorang.
5. Sebagai tempat display (tempat meletakkan) tanaman koleksi dari pencinta tanaman hias.
6. Dan sebagai tempat tinggal makhluk hidup, seperti ikan dan tempat minum burung.

Dengan perasaan yang tenang dan nyaman, akan membuat tubuh menjadi lebih kuat dari serangan penyakit. Bahkan pada beberapa penderita penyakit, seperti mendapatkan terapi yang dapat menjadikan daya tubuhnya meningkat dan berangsur-angsur menjadi lebih sehat.

Siasat Jitu Agar Tetap Sehat dan Bersih

Umumnya keberadaan taman air akan sangat baik pada awalnya saja. Tanpa perawatan yang rutin, area disekeliling elemen air akan menjadi lembab dan memacu timbulnya lumut di elemen taman lainnya, tidak terkecuali hamparan rumput sekalipun. Lama kelamaan, taman yang semulanya menarik akan semakin terasa kosong dan tidak menarik.

Oleh karena itu, perencanaan disain dari awal juga perlu diperhitungkan. Diperlukannya sebuah disain yang cantik, tetapi tetap simple serta tetap harmonis dengan lingkungan sekitarnya. Selain itu juga penting untuk membuatnya mudah dibersihkan dan aman bagi pengguna taman.

Contohnya saja untuk air yang diam, seperti kolam, diperlukannya filter air atau perlunya kegiatan pengkurasan air dalam jangka waktu tertentu dan rutin. Hal ini selain untuk membersihkan dinding kolam, menjaga kebersihan air juga untuk mengantisipasi keberadaan jentik-jentik nyamuk sebagai pembawa berbagai penyakit berbahaya.

Jadi, walaupun mempuyai tema sebagai taman penyembuhan tetap ada faktor-faktor lain, seperti faktor pemeliharaan, harus diperhatikan agar fungsi taman yang diinginkan tetap seperti yang diharapkan.

Selamat berkreasi.

No comments: