Saturday, April 14, 2012

Apa itu Produksi Bersih | Clean Production ?

Produksi bersih atau clean production merupakan sebuah usaha industri untuk meniru siklus alam dengan memanfaatkan kembali energi dan material. Hal ini disebabkan banyak fakta yang menyebutkan bahwa proses industri merupakan penyebab polusi yang paling beracun.

Prinsip dasar bekerja dengan siklus alam adalah tidak ada yang sia-sia karena segala sesuatu mempunyai manfaat dan tujuan. Siklus yang bekerja akan menyerupai lingkaran yang proses tersebut akan berulang terus menerus dan saling bergantung untuk tiap elemen menyusunnya. Jika ada satu saja yang berubah, alam akan bergerak untuk mencari keseimbangan baginya untuk menyangga semua kehidupan di dalamnya.

Langkah pertama yang dapat dilakukan dalam usaha produk bersih adalah dengan melakukan pengumpulan kembali sampah atau limbah yang dihasilkan. Jika limbah yang digunakan tidak dapat didaurulang, maka harus dibuang dengan aman dan mengurangi pemakaian hingga berhenti menggunakannya. Langkah lebih lanjut adalah dengan menggunakan sumber daya yang dapat terbarukan dan aman bagi lingkungan serta manusia sebagai konsumen.

Prinsip utamanya adalah dengan menggunakan lebih sedikit sumber daya, mendaur-ulangnya, dan menggunakan kembali apa yang mereka gunakan. Proses industri yang sustainable dapat mengurangi kerusakan yang akan timbul pada kesehatan lingkungan.

Catatan:

Sumber dan beberapa kutipan dari Buku Panduan Masyarakat untuk Kesehatan Lingkungan, yang disusun oleh Hesperian, Yayasan Tambuhak Sinta, dan didukung oleh the Ford Foundation (Oktober 2009). Tujuan pengutipan adalah untuk mensosialisasikan informasi dan tidak melakukan tindakan pengambilan keuntungan secara material dari tulisan ini.

No comments: