Thursday, October 9, 2014

Definisi Tanaman Herbal dan Manfaatnya



Yang dimaksud dengan tanaman herbal adalah jenis tanaman yang mempunyai potensi untuk meringankan gejala hingga menyembuhkan penyakit dengan dosis dan cara pengolahan tertentu. Jenis tanaman pun beragam, mulai dari tanaman sayur-sayuran, buah-buahan, rempah-rempah hingga tanaman yang biasa menghiasi taman. Tetapi, banyak alasan mengapa banyak orang belum mau memanfaatkan tanaman sebagai alternatif pengobatan dari keluhan sakit yang mereka derita. Selain dari hasilnya yang tidak terasa langsung setelah mengkonsumsi, kurangnya informasi mengenai jenis tanaman, khasiat dan cara mengkonsumsinya menjadi faktor yang sangat mempengaruhinya.

Setelah itu, yang menjadi pertanyaan adalah, apakah ramuan tanaman herbal itu aman untuk dikonsumsi? Dan apakah ada efek samping saat mengkonsumsinya? Banyak klaim yang menyatakan bahwa obat herbal itu aman, tetapi kondisi tersebut sangat tergantung dari seberapa banyak mengkonsumsinya dan bagaimana cara mengolahnya sebelum dikonsumsi. Jika menggunakan obat herbal yang telah diproduksi massal, seperti berupa kapsul atau serbuk, sering kali jarang yang menggunakan standar produksi sehingga kualitas produk dan efektivitasnya tidak sama dan tidak tetap. Setiap produk obat herbal akan mempunyai kandungan ekstrak yang berbeda dari jenis satu ke jenis  lainnya dan beberapa jenis menggunakan bahan campuran lainnya. Selain itu, jaminan alami/natural tidak selalu berarti aman untuk dikonsumsi. Banyak bahan alami dapat memiliki efek samping yang sangat berbahaya jika mereka digunakan dalam jumlah yang besar atau jika mereka menggabungkannya dengan suplemen lain atau dengan obat-obatan rekomendasi dokter.

Bagian yang digunakan dapat berupa keseluruhan tanaman atau hanya bagian tertentu dari daun, batang, akar, bunga atau buah. Cara penggunaannya juga beragam, dapat dikonsumsi langsung dengan keadaan segar atau diolah dahulu. Pengolahannya dapat direbus, ditumbuk dan diambil sarinya, atau dikeringkan dahulu lalu digodok. Untuk beberapa kasus penyakit yang dapat disembuhkan dari luar, tanaman herbal dapat ditumbuk lalu dioles atau digosokkan pada bagian yang sakit. Dengan merujuk dengan ramuan yang telah dikenal baik, pengolahan dapat dicampurkan dengan jenis tanaman herbal lainnya, seperti madu untuk menyeimbangkan rasa pahit.

Sangat dianjurkan untuk mencari informasi lebih lanjut untuk membuat ramuan dengan menggunakan gabungan berbagai jenis tanaman herbal dan mencatat dosis dan efek yang dirasakan oleh tubuh saat mengkonsumsinya

No comments: